Header Ads

test

Sekapur Sirih - tentang Hari Guru Nasional 2018


Alhamdulillah, dengan mengucapkan Puji syukur kepada Allah SWT, Kegiatan Writing Camp 1 dalam Rangka Hari Guru Nasional dan HUT IGI dapat terlaksana dengan baik dan lancar. Writing Camp 1 IGI Kabupaten Gresik ini salah satu Agenda program pengurus IGI Gresik periode 2016-2021.  Narasumber pada kegiatan Ini adalah Bapak Satria Dharma dan Bp Ahmad Faizin Karim. Mengingat pelaksanaan kegiatan dilakukan pada tanggal 25 sd 26 Nopember 2017 di Pondok Jatim Park Batu, maka kegiatan ini oleh PP IGI masuk pada 88 UPAYA DALAM 8 TAHUN IGI DAN HGN 2017.

Banyak sudah Workshop tentang penulisan buku, Namun IGI Kabupaten Gresik  memiliki 2 target pada kegiatan Writing Camp, yaitu Buku kumpulan Essai karya guru yang harus diselesaikan pada saat kegiatan (buku Antologi) dan Buku Individu yang dilakukan penulisannya setelah kegiatan berlangsung.  Dari 33 Peserta yang mengikuti kegiatan Writing Camp ini sejak mulai pembukaan acara sudah bersemangat.
Setiap Peserta mendapaktn Buku dari Panitia karya Bp Ahmad Faizin Karimi dengan judul Make Your Book – Come True. Dengan motivasi dan pengantar dari Penulisnya langsung, maka peserta di minta untuk menuliskan Essai bebast tentang Pendidikan karakter. Nah mulai lah guru guru menulis. Ada yang lansung tancap gas dan menulis, dengan waktu yang cepat bisa terseelesaikan dengan baik. Ada yang sudah dilakukan pendampingan dan penjelasan secara personal masih juga belum bisa memulai untuk menulis. Ada yang sudah selesai menulis namun diubahnya kembali tema tulisan. Panitia memberikan kesempatan untuk tulisan harus terselesaikan saat itu karena proses editing juga segera dilakukan di lokasi kegiatan.
Bagi guru yang sudah terbiasa dan terlatih menulis, maka membuat essai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh panitia adalah hal yang biasa, namun bagi guru penulis pemula, maka proses menulis essai ini membutuhkan waktu yang cukup lama bahkan hampir tengah malam proses membuat essai ini belum juga terselesaikan.
Pendampingan membuat buku individu dilakukan setelah sesi motivasi dan inspirasi dari pak Satria Dharma. Pada saat yang bersamaan, proses editing naskah guru penulis dilakukan agar saat selesai acara dan penutupan, maka Draft naskah dan Cover sudah bisa ditampilkan di depan peserta Writing Camp 1. Hal ini untuk memberikan motivasi pada peserta pelatihan agar segera menyelesaikan tulisannya.
Setelah kegiatan selesai (H+1) saya sudah mendapat kiriman cover buku “Guru Bukan Tersangka”. Karya guru penulis, mungkin ini akan menjadi kado terindah buat peserta Writing Camp 1. Wow .. ini juga kado Spesial buat IGI kabupaten Gresik yang telah menyelenggarakan Writing Camp. Semoga dengan Writing 1 ini bisa menjadi pola pelatihan menulis IGI dalam rangka peningkatan kualtias Guru khususnya dalam membuat karya berupa buku.
IGI Writing ke-2, IGI Writing ke-3 akan segera hadir untuk bisa membantu melayani guru yang ingin menjadi penulis.
Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dan support atas terselenggaranya kegiatan Writing Camp 1. Semoga Allah Senantiasa  memberikan rahmat, taufiq dan hidayhnya kepada kita semua. Amiin
Wassalamualaikum
Ketua IGI Gresik

Sukari, SPd, MPd

Tidak ada komentar